OPBS GELAR SEMINAR SAINTEK

dr. purnomoPrihatin dengan sumber daya alam hayati yang beranekaragam namun tak termanfaatkan maupun dibudidayakan secara maksimal, Organisasi Pelajar Boarding School (OPBS) MAN 1 Surakarta menyelenggarakan Seminar Sains dan Teknologi bertema “Modifikasi dan Perawatan Tumbuhan Secara Kreatif” yang diselenggarakan pada hari Ahad 18 Mei 2014 bertempat di Aula MAN 1 Surakarta.
Seminar yang merupakan salah satu dari kegiatan dalam Creation of Science and Technology in Appications (CRESCENTA) 2014 tersebut merupakan gelaran kedua setelah sebelumnya tahun 2013. Tampil sebagai pembicara adalah Dr. Purnomo Hidayat, Ph.D, Pakar Hama Tanaman sekaligus dosen IPB Jimmy Hantu, penemu hormon tanaman “Hantu”. Yang membahagiakan dan membanggakan kedua pembicara adalah alumni dari MAN 1 Surakarta. Sungguh momen yang sangat langka dan jarang terjadi.
Menurut Koordinator Panitia Achmad Fanani, Kedua pembicara adalah pakar tanaman yang sudah terkenal di seluruh Indonesia bahkan dunia dan bisa mendatangkan keduanya merupakan sebuah kehormatan yang sangat besar.
Pada sesi pertama tampil Dr. Purnomo Hidayat, Ph.D, yang memaparkan tentang pertanian di Indonesia, masalah, potensi, hingga jimmy hantupemanfaatkan bidang pertanian. Selain itu juga menjelaskan penggunaan pestisida yang akan mengakibatkan kerusakan panjang pada ekosistem. Beliau yang juga anggota Komisi Perlindungan Ozon Expert Kementerian Lingkungan Hidup sekaligus ahli serangga Departemen Proteksi Tanaman IPB, menyatakan jika mau memanfaatkan ekosistem serta penanaman secara multikultural, masalah-masalah akibat penggunaan pestisida dapat diatasi.
Pada sesi kedua tampil Jimmy Hantu yang dengan gaya khasnya memaparkan tentang bagaimana memanfaatkan sumber-sumber pangan baru untuk mengatasi masalah pangan. Dia memaparkan tentang efek penggunaan hormon dalam peningkatan produksi tanaman secara alami. Sukses buat OPBS MAN 1 SURAKARTA….

About Pak RM

Guru sejarah dan Antropologi di MAN 1 Surakarta. Blogger di kompasiana dan berikhtiar untuk memajukan pendidikan Indonesia

Posted on Mei 19, 2014, in Info Terbaru Boarding. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: