OPBS Sosialisasi OJK

ojkSebuah gebrakan lagi dilakukan oleh OPBS MAN 1 Surakarta. Menggandeng OJK ( Otoritas Jasa Keuangan ), sebuah lembaga negara baru yang bergerak di bidang keuangan dan perbankan, mengadakan acara sosialisasi OJK yang dikemas dalam kegiatan seminar dengan tema ” Meningkatkan Pemahaman Masyarakat Tentang Peranan OJK dan Pengenalan Produk/Jasa Sektor Keuangan”, bertempat di Aula Kampus MAN 1 Surakarta lokal timur, 5 April 2014. Acara yang dibuka pada pukul 09.00 dan berakhir pukul 12.00 wib tersebut diikuti oleh perwakilan kelas X dan XI, guru dan karyawan serta perwakilan dari SMA Negeri di Kota Surakarta. Menurut ketua panitia Gustama Arkandhiya ( kelas XI IPA 1 BS), acara ini merupakan rangkaian dari kegiatan BBM ( Boarding School Bersama Masyarakat) yang akan digelar pada tanggal 12 April 2014 yang akan datang. Mengapa OJK ? Pertanyaan ini muncul mengingat siswa/siswi Boarding School adalah siswa/siswi yang berkutat dengan ilmu-ilmu eksak namun dalam acara ini OPBS mensosialisasikan lembaga yang notabene di berkecimpung di bidang ekonomi yang merupakan bagian dari ilmu sosial.  Menurut Gustama, OJK kebetulan menjadi salah satu sponsor dalam kegiatan BBM dan sebagai timbal baliknya mereka meminta kesempatan untuk bisa mensosialisasikan lembaga yang relatif masih baru ini. Namun secara keseluruhan, acara ini berjalan sukses yang dibuktikan dengan jumlah peserta yang datang sangat banyak.
ojk3Sebagai pembicara dalam kegiatan ini adalah Arifin Susanto dan Luthfi Alkatiri. Yang membanggakan adalah salah satu pembicara, Arifin Susanto, adalah alumni MAN 1 Surakarta tahun 1986. Setelah lulus dari MAN 1 Surakarta, beliau melanjutkan ke Fakultas Ekonomi UNS dan lulus tahun 1991. Tahun 1994 mulai bekerja di Bank Indonesia dan saat ini beliau menjadi salah satu pejabat penting di OJK yaitu sebagai Kepala Bagian Pengelolaan Kinerja OJK.
Dalam sesi pertama Arifin Susanto memaparkan seputar OJK, tugas serta wewenangnya. Dalam kesempatan itu, beliau memberikan motivasi buat siswa/siswi MAN 1 Surakarta untuk bisa berkecimpung dalam dunia perbankan ( baik siswa/siswi IPS maupun IPA). Menurut beliau saat kita terjun di dunia kerja, termasuk bidang perbankan, tidak akan ditanyakan dari jurusan mana namun yang terpenting adalah kinerjanya. Beliau mengharapkan ada alumni MAN 1 Surakarta yang bisa mengikuti jejaknya.
Pada sesi kedua di paparkan seputar berbagai produk perbankan oleh Luthfi Alkatiri. Peserta seminar mendapat banyak informasi tentang pasar modal, bagaimana pengaruh IHSG bagi nilai kurs mata uang dan lain-lain. Sungguh kesempatan yang langkan bisa mendapat informasi langsung dari orang-orang yang ahli di bidang keuangan dan perbankan ini. Di sela-sela acara diadakan sesi tanya jawab baik dari guru maupun siswa. Antusiasme terlihat ketika banyak pertanyaan yang muncul mulai dari menanyakan tentang OJK bahkan tentang seputar ekonomi.

About Pak RM

Guru sejarah dan Antropologi di MAN 1 Surakarta. Blogger di kompasiana dan berikhtiar untuk memajukan pendidikan Indonesia

Posted on April 5, 2014, in Info Terbaru Boarding. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: