OPBS Gelar Crescenta dan Seminar IPTEK 2013

SAM_6169Alhamdulillah, dahsyat dan luarr biasa ! Barangkali itulah ungkapan yang bisa diucapkan atas terselenggaranya gelaran CRESCENTA SCIENCE WEEK ( Competition and Creation of Science and Technology in Application ) dan Seminar IPTEK yang diselenggarakan oleh Beyond Escreaver OPBS MAN 1 Surakarta. Acara yang diselenggarakan pada tanggal 24 Maret 2013 tersebut terdiri dari dua kegiatan yaitu Lomba bidang sains dan Seminar IPTEK. Lomba sains berupa Cerdas Cermat Sains, Essay Sains dan Mading Sains. Mengapa sains ? Menurut ketua panitia, Cahya Nurul Novembriawati, kegiatan ini menitikberatkan pada bidang sains karena selain misi dari  Program Boarding School yang menitikberatkan pada ilmu-ilmu sains juga untuk mendorong siswa untuk lebih mendalami sains ( IPA, Matematika, dll) tanpa meninggalkan nilai-nilai keislaman. Lomba diikuti oleh SLTP/MTs se Karesidenan Surakarta dengan masing-masing sekolah mengirimkan tim untuk tiga kategori lomba. Kegiatan diadakan di Gedung Barat MAN 1 Surakarta yang dimulai pukul 09.00 hingga selesai. Bagi pemenang, panitia menyediakan hadiah berupa uang pembinaan, trophy dan yang paling menarik adalah bisa dipertimbangkan diterima di MAN 1 Surakarta. Menurut sekretaris Program Boarding School, Rusdi Mustapa, S.Pd mewakili Penanggungjawab Program Boarding School Drs. Wardimin, M.E.Sy, acara ini merupakan yang pertama kali diselenggarakan oleh OPBS setelah hampir 3 tahun. ” Ternyata baru tahun ini bisa terlaksana dan alhamdulillah antusias dari sekolah-sekolah sangat besar. Kegiatan ini akan menjadi agenda tahunan pengurus OPBS dengan evaluasi di sana sini tentunya”.

SAM_6197Acara yang lain adalah Seminar IPTEK dengan tema “Penggunaan Bioteknologi dalam mengatasi masalah Ekonomi Global” dengan menghadirkan pembicara Jimmy Hantu, pengusaha bidang agro yang memiliki pesantren agro di Bogor. Jimmy Hantu adalah alumni MAN 1 Surakarta tahun 1987 dan sekarang termasuk pengusaha sukses di bidang pemanfaatan bioteknologi. Dalam kesempatan ini, Jimmy Hantu memberikan banyak inspirasi tentang bagaimana memanfaatkan sumber-sumber pangan baru yang mungkin selama ini jarang dimanfaatkan karena dianggap tidak ada gunanya. Misalnya bagaimana membuat Kue Kelepon dari bonggol pisang, Bergedel bonggol pisang, Batang buah naga sebagai pengganti terasi, dan masih banyak lagi. Prinsipnya Jimmy Hantu ingin menunjukkan bahwa sumber pangan itu ada di sekitar kita tinggal bagaimana kita bisa memiliki ide yang inovatif untuk memgembangkan dan memanfaatkannya. Menurut Jimmy Hantu yang asli Plupuh Sragen ini, dia siap memberikan pendidikan secara gratis bagi siapa saja yang mau belajar pertanian di pesantrennya. Khusus buat alumni MAN 1 Surakarta, sangat terbuka pintu buat belajar, karena Jimmy Hantu bisa menjadi seperti sekarang berkat sekolah di MAN  Surakarta. Acara diakhiri dengan demo cara membuat makanan olahan dari bahan-bahan sederhana.Berikut foto-foto kegiatan Crescenta dan Seminar IPTEK:

SAM_6199 SAM_6192 SAM_6191 SAM_6187 SAM_6182 SAM_6177 SAM_6176 SAM_6172 SAM_6171 SAM_6197 SAM_6169

About Pak RM

Guru sejarah dan Antropologi di MAN 1 Surakarta. Blogger di kompasiana dan berikhtiar untuk memajukan pendidikan Indonesia

Posted on Maret 24, 2013, in Info Terbaru Boarding and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: