Sekilas laporan dari kegiatan BOSCOVITY…

Suasana balai desa Baki Pandeyan, kecamatan Baki, pagi ( 1 Mei 2012) itu sedikit berbeda. Banyak anak-anak seusia SD/MI se-kecamatan Baki berkumpul di tempat itu. Ada apakah gerangan ? Apa ada demo ? Oh…ternyata pada pagi itu, akan diadakan berbagai kegiatan sebagai bagian dari kegiatan BOSCOVITY ( Boarding School for Enviromental Society) yang diadakan oleh OPBS MAN 1 Surakarta. Kegiatan yang akan diadakan adalah lomba cerdas cermat dan lomba sepeda hias sedangkan sorenya lomba memasak bagi ibu-ibu PKK se kecamatan Baki.

Acara diawali dengan sambutan dari Bapak Lurah Baki Pandeyan, Daryatmo, yang mengucapkan terima kasih atas kegiatan yang diadakan OPBS, karena selama ini belum ada kegiatan sejenis di Baki Pandeyan. Diharapkan dengan kegiatan ini bisa memberi semangat bagi generasi muda Baki Pandeyan. Setelah acara seremonial selesai, dilanjutkan dengan pemberangkatan peserta lomba sepeda hias oleh Bapak Lurah yang diikuti oleh sekitar 50-an siswa/siswi SD/MI se-kecamatan Baki.

Berbarengan dengan itu lomba cerdas cermat juga diadakan di pendopo balai desa. Lomba diikuti oleh 11 SD/MI yang ada di kecamatan Baki, yang dibagi dalam dua tahap lomba yaitu babak penyisihan dan babak final. Siswa mengerjakan soal yang telah disusun oleh panitia. Dengan semangat mereka mengerjakan soal yang diberikan dengan harapan bisa lolos ke babak final. Setelah melalui babak final akhirnya terpilih tiga sekolah yang maju ke babak final yaitu :

  • SD Baki Pandeyan 1
  • SD Baki Pandeyan 2
  • SD Menuran

Pada babak final juri dipimpin oleh Rusdi Mustapa, S.Pd dengan didampingi oleh panitia. Lomba dibagi dalam tiga tahap yaitu soal wajib, soal lemparan dan soal rebutan. Akhirnya setelah melalui proses yang menegangkan karena masing-masing regu saling kejar mengejar angka, dihasilkan pemenang sebagai berikut :

  1. Juara 1 : SD Baki Pandeyan 2
  2. Juara 2 : SD Menuran
  3. Juara 3 : SD Baki Pandeyan 1

Sambil menunggu saat pembagian hadiah diadakan pembagian door prize bagi peserta yang akan mendapatkan berbagai hadiah menarik dari panitia dan pihak desa Baki Pandeyan. Ada siswa yang disuruh menyanyi, berpuisi, dll. Acara ditutup dengan pembagian hadiah bagi pemenang. Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi siswa/siswi di wilayah kecamatan Baki. Berikut foto kegiatannya :

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

About Pak RM

Guru sejarah dan Antropologi di MAN 1 Surakarta. Blogger di kompasiana dan berikhtiar untuk memajukan pendidikan Indonesia

Posted on Mei 1, 2012, in Info Terbaru Boarding. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: