Simulasi Pendaftaran PMDK di UNS

Dalam upaya memberikan gambaran dan pengalaman tentang pendaftaran PMDK di UNS, siswa Boarding School MAN 1 Surakarta mengikuti acara simulasi pendaftaran PMDK yang diselenggarakan oleh Panitia Lokal SNMPTN UNS pada 15 Desember 2011 bertempat di sekretariat panitia lokal 44 UNS. Kegiatan ini adalah yang keempat kalinya diikuti oleh siswa Boarding School sejak 2008 dan diikuti oleh sekolah-sekolah yang diundang di wilayah kota Surakarta. Untuk kegiatan simulasi kali ini diikuti oleh 4 ( empat ) sekolah  :

  1. MAN 1 Surakarta
  2. SMA Negeri 8 Surakarta
  3. SMK Negeri 1 Surakarta
  4. SMA Batik Surakarta

Dalam kesempatan ini siswa Boarding School diwakili oleh siswa kelas XII IPA 2 yang terdiri dari Mutiara Nur’aini, Yulia Putri Prihatiningsih, dan Rahma Putri Utami yang didampingi oleh guru pendamping Rusdi Mustapa, S.Pd.

Dalam kesempatan audisi sebelum acara simulasi dimulai, pihak panitia lokal UNS memberikan penjelasan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa dalam proses pendaftaran PMDK di UNS secara online sekaligus untuk menguji sistem yang nanti akan diterapkan dalam proses pendaftaran PMDK online. Secara prinsip tidak ada hal yang baru dalam proses pendaftaran PMDK online tahun ini namun yang perlu ditekankan adalah agar calon peserta PMDK saat melakukan entry data, harus secara hati-hati dan cermat karena kesalahan dalam entry data akan merugikan siswa.

Secara teknis, pendaftaran PMDK online dimulai dengan melakukan entry data DKS (Data Kualitas Sekolah) yang dilakukan oleh pihak sekolah dengan menggunakan kode sekolah dan password yang telah diberikan ke alamat www.spmb.uns.ac.id. Inti kegiatan dalam pengisian DKS adalah sekolah memasukkan data tentang sekolah yang akan melakukan pendaftaran PMDK online, seperti nama sekolah, tahun berdiri, akreditasi dan lain-lain. Setelah itu sekolah memasukkan data nama-nama siswa yang akan mendaftar PMDK yang nanti akan dimasukkan dalam DUPS (Daftar Urutan Prioritas Sekolah). Selanjutnya siswa memasukkan data masing-masing terutama nilai raport menggunakan nomor DUPS yang telah didapatkan. Semoga dengan simulasi ini siswa lebih mantap dan percaya diri dalam melakukan pendaftaran PMDK online. Berikut foto-foto kegiatannya :

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

About Pak RM

Guru sejarah dan Antropologi di MAN 1 Surakarta. Blogger di kompasiana dan berikhtiar untuk memajukan pendidikan Indonesia

Posted on Desember 15, 2011, in Info Terbaru Boarding. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: