Program Boarding School Outdoor Study Ke BPTO

Dalam rangka menambah pengetahuan siswa, khususnya dalam hal tanaman obat-obatan, maka Program Boarding School MAN 1 Surakarta mengadakan kegiatan pembelajaran luar kelas (OUTDOOR CLASS) ke Balai Penelitian Tanaman Obat (BPTO) Tawangmangu, Karanganyar pada 17 Nopember 2011. Kegiatan diikuti oleh siswa/siswi program Boarding School yaitu kelas X.1, X.2, dan X.3. Selain itu juga diikuti oleh siswa/siswi kelas  Full Day yaitu X.4 dan X.5. Jumlah peserta sebanyak 133 orang dengan pendamping 10 orang yang terdiri atas wali-wali kelas X.1 – X.5 dan pengelola Boarding School.

Dalam sambutan sebelum pemberangkatan, Bapak Tri Romo Dewo, M.Pd selaku Wakamad Kurikulum, yang mewakili Kepala MAN 1 Surakarta, mengharapkan agar dari kegiatan ini siswa dapat mengambil manfaat seluas-luasnya khususnya dalam hal pengetahuan mengenai tanaman obat. Selain itu untuk memupuk rasa tanggung jawab, maka setelah kegiatan semua siswa wajib membuat laporan kegiatan yang telah dilaksanakan. Menurut Penanggung jawab Boarding School, Drs. H. Wardimin, M.E.Sy, kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang telah diprogramkan dengan tujuan agar siswa memiliki wawasan yang seluas-luasnya, khususnya dalam bidang ilmu eksak, karena siswa/siswi dipersiapkan untuk masuk jurusan eksak.

Setelah menempuh perjalanan selama lebih kurang 2 jam dari Sol0 dengan 3 armada bis, rombongan tiba di Kantor Pusat BPTO Tawangmangu. Rombongan diterima di ruang auditorium dan disuguhi tayangan sekitar sejarah, kegiatan-kegiatan BPTO dan hasil-hasilnya. Setelah itu rombongan dibagi dalam 5 kelompok sesuai dengan jumlah kelas yang masing-masing kelompok didampingi oleh seorang pemandu dari BPTO. Selanjutnya kelompok-kelompok diajak berkeliling ke kebun koleksi obat-obatan yang dimiliki BPTO. Di sini siswa banyak mendapat informasi seputar tanaman-tanaman obat beserta manfaat dan khasiatnya. Yang paling menarik adalah koleksi tanaman Narkoba seperti ganja, mariyuana, karena siswa bisa mengetahui bentuk tanaman yang dilarang untuk dikembangkan secara massal ini. Setelah mengikuti tour di kebun koleksi tanaman obat milik BPTO, rombongan diajak berwisata ke air terjun grojogan sewu. Demikian sekilas kegiatan outdoor study program Boarding School MAN 1 Surakarta. Semoga dengan kegiatan ini, siswa mendapat pengetahuan baru khususnya di bidang tanaman obat.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

About Pak RM

Guru sejarah dan Antropologi di MAN 1 Surakarta. Blogger di kompasiana dan berikhtiar untuk memajukan pendidikan Indonesia

Posted on November 17, 2011, in Info Terbaru Boarding. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: