Siswa Boarding School Berjaya di LKIR

Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh siswa MAN 1 Surakarta, khususnya program Boarding School MAN 1 Surakarta. Prestasi tersebut didapatkan dalam ajang lomba karya ilmiah remaja (LKIR) yang diselenggarakan oleh Politeknik Kesehatan Surakarta (Poltekkes) pada 15 Oktober 2011. Dalam kesempatan ini Boarding School mengirimkan 2 tim yaitu :

1.  Tim KIR 1, yang beranggotakan siswi kelas XI IPA 2 dan 3 yaitu Afifah Nurlaila, Anisak Rochmah dan Yashinta. Tim KIR 1 berhasil meraih juara 3.

2. Tm KIR 2, yang beranggotakan siswi kelas XII IPA 2 yaitu Arina Rahma Hidayah, Anisatul Farikhah dan Novi Ratna Sari. Tim KIR 2 meraih juara 2.

Sebelum mencapai babak utama, semua peserta LKIR diwajibkan mengirimkan makalah yang akan diseleksi oleh dewan juri dari Poltekkes Surakarta. Alhamdulillah makalah yang dikirimkan oleh siswa Boarding School lolos semua.

Dalam kesempatan ini, tim KIR 1 mengirimkan makalah dengan judul “Pemanfaatan Limbah Koran sebagai Pengganti Media Tanam Tanah” sedangkan tim KIR 2 mengirimkan makalah dengan judul “Kondisi Optimum Pembuatan Telur Asin untuk Menunjang Hidup Sehat“. Kedua tim dibimbing oleh Dra. Hj. Rukamtini, M.Si pembimbing KIR MAN 1 Surakarta. Pada babak utama, tim KIR Boarding School harus bersaing dengan 10 peserta lain dari sekolah-sekolah di Karesidenan Surakarta. Mereka wajib mempresentasikan makalah yang telah dikirimkan sebelumnya dan menjawab pertanyaan dari dewan juri. Tentu saja penguasaan materi dan kesiapan mental sangat berperan dalam hal ini. Dan alhamdulilah, setelah mempresentasikan makalah dan berhasil menjawab pertayaan dari dewan juri, akhirnya Tim KIR Boarding School berhasil meraih juara. Berikut hasil lengkap LKIR Poltekkes Surakarta 2011 :

Juara I     : SMA Kristen Pelita Kasih Surakarta

Juara II   : MAN 1 Surakarta

Juara III : MAN 1 Surakarta

Semoga prestasi ini semakin ditingkatkan untuk waktu yang akan datang.

About Pak RM

Guru sejarah dan Antropologi di MAN 1 Surakarta. Blogger di kompasiana dan berikhtiar untuk memajukan pendidikan Indonesia

Posted on Oktober 17, 2011, in Info Terbaru Boarding. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. wah, apik2… taun ngarep ditunggu nyang UGM…
    (yen isih ono sing pengen)

  2. assalamualaikum..
    mohon informasinya
    1. untuk program boarding berapa SPP/bulannya?
    2. saat liburan (minggu) apakah siswa boleh keluar asrama/pulang? jika tidak, kapan kira2 siswa boleh diperkenankan berkunjung/pulang selain diliburan panjang..?
    3. program boarding tiap tahunnya dibuka berapa kelas? apakah setelah mengirimkan syarat2 masih akan ada tes lagi? (meningat posisi kami di pontianak)
    4. program KBM setiap harinya apakah digabung dengan kelas standart? ato kelas terpisah?
    saya tunggu jawabannya,

    apabila berkenan mohon jawaban dikirim juga ke email saya : ratih.ra@gmail.com

    terima kasih sebelumnya

    wassalamualaikum…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: