Asyiknya Pembelajaran di Boarding School…

Ini adalah kesanku setelah masuk di Program Boarding School MAN 1 Surakarta. Aku kebetulan siswa angkatan 2009/2010 dan sekarang sudah naik di kelas XI IPA 1. Pada awal aku masuk ke Boarding School, aku rasakan suasana yang lain karena di program ini, aku dan teman-temanku memang dipersiapkan untuk masuk program IPA di kelas XI dan XIInya. Karenanya sejak awal, kami sudah diberi pengertian bahwa nantinya bila kami naik ke kelas XI dan XII, tidak mungkin akan ke IPS atau Bahasa. Tapi bagi aku, yang memang bercita-cita melanjutkan ke Fakultas Kedokteran, dengan pemberitahuan itu tidak masalah.

Setelah beberapa waktu mengikuti pembelajaran dan kegiatan di Boarding School, yang aku rasakan adalah Boarding School memang luar biasa. Kenapa Luar biasa?? Karena selain pendalaman ilmu-ilmu pengetahuan umum, kami juga dibekali dengan ilmu pengetahuan agama yang terwujud dalam kegiatan di asrama ( karena kami memang di asramakan). Asrama di sini bukan hanya sekedar asarama karena di sini kami dididik oleh pembina-pembina asrama kami yang dengan penuh dedikasi tinggi membimbing dan mengarahkan kami agar jadi mandiri dan terbentuk karakternya. Walau aku kadang berfikir, fasilitas yang ada di asrama masih banyak kekurangan tapi bagi aku itu bukan masalah utama, karena sejak awal aku niatnya untuk belajar. Dan aku yakin seiring berjalannya waktu, Boarding akan semakin maju. Dan ini sudah terlihat karena pada tahun pelajaran 2010/2011 ini, untuk kelas putri membuka 2 kelas karena peminatnya semakin banyak. Hal ini merupakan bukti bahwa Program Boarding School sudah mulai dikenal orang.

Salah satu yang aku senangi di Boarding adalah pembelajarannya. Kami selama pembelajaran diharapkan memakai bahasa Inggris, satu hal yang sangat aku senangi. Gurunya  juga berbahasa Inggris. Aku jadi terpacu karena memang aku senang bahasa Inggris. Model pembelajarannya ada yang interaktif ada juga yang pembelajara di luar kelas. Ada juga guru yang menerapkan model pembelajaran sambil bermain. Kami di ajak ke luar kelas untuk melaksanakan pembelajaran ini. Namun sebelumnya, guru telah menentukan topik materi yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran luar kelas ini. Singkatnya, kami semua menikmati pembelajaran ini karena ada unsur gamenya namun tidak lupa memasukknya substansi materi yang disampaikan. Senang dech….

Ada juga pembelajaran dengan mengunjungi obyek-obyek pendidikan yang berhubungan denga materi tertentu. seperti misalnya, dulu aku dan teman-teman kelas X di ajak pak Rusdi ke SITUS PURBAKALA SANGIRAN untuk pendalaman materi Sejarah Purba sekaligus mendalami materi Geografi yang kebetulan diampu bu HIKMAWATI. Kami jadi lebih paham tentang materi yang disampaikan di kelas karena kami langsung melihat contoh konkritnya di lapangan. Capek sich….tapi semuanya terbayar dengan pengalaman yang kami dapatkan selama kegiatan itu. Kami juga pernah mengunjungi Kantor Redaksi SOLOPOS ( salah satu Koran terkemuka di Solo), dimana kami mendapatkan pengetahuan seputar dunia jurnalistik.

Kami juga pernah berkunjung ke PG. TASIKMADU ( salah satu Pabrik Gula peninggalan Mangkunegoro IV) yang masih aktif berproduksi sampai sekarang. Kunjungan ke PG Tasikmadu merupakan pendalaman materi IPA sekaligus Sejarah. Masih banyak lagi bentuk-betuk pembelajaran luar kelas yang lain. Pokok’e asyik lho belajar di Boarding School….aku ndak rugi rasanya masuk di program ini. Semoga semua hal yang telah aku lalui bersama Boarding School MAN 1 Surakarta akan berguna saat aku telah lulus dari sekolah ini. Terima Kasih Boarding Schoolku…I LOVE YOU FULL…

( Surakarta, Agustus 2010)

About Pak RM

Guru sejarah dan Antropologi di MAN 1 Surakarta. Blogger di kompasiana dan berikhtiar untuk memajukan pendidikan Indonesia

Posted on Agustus 22, 2010, in Info Terbaru Boarding. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

