SISWA BOARDING SCHOOL – RMBI KEMBALI BERJAYA DI OLIMPIADE KIMIA

Resta Konitiarani (kiri) dan Husna Syaima (kanan), pemenang  I olympiade kimia se-Jateng dan DIY

Rasa bangga dan haru tak segan diakui oleh Husna Syaima dan Resta Konitiarani, siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1, Solo kelas XII IPA 2 boarding school dan XII IPA 3 Rintisan Madrasah Berbasis Internasional (RMBI). Pasalnya, pada 5 Agustus 2010 lalu, mereka berhasil menjadi tim yang meraih juara I lomba Olympiade Kimia se-Jateng dan DIY di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang diadakan oleh Jurusan Teknik Kimia UMS.

Perasaan tersebut semakin terasa ketika menyadari bahwa mereka adalah pemenang penerus dari kakak kelas mereka yang pada tahun 2009 juga menjadi juara pertama pada lomba yang sama. Waktu itu, Resta menjadi salah satu anggota tim yang termasuk di dalamnya. Sedangkan Husna baru kali ini mengikuti lomba tersebut. “Kami sangat senang karena bisa mendapatkan piala tetap karena dapat memenangkan kompetisi 2 kali berturut-turut. Kami berharap perjuangan kami dapat juga diteruskan oleh adik-adik kelas,” ungkap Husna.

Untuk mempersiapkan lomba tersebut, mereka dibimbing dalam pembinaan khusus oleh guru kimia. Selain teori, lomba tersebut juga mengujikan materi praktikum titrasi. Mereka sangat senang karena hasil titrasi sesuai dengan yang diprediksi. “Konsentarsi dari titrasi hasil praktikum kami mendekati sempurna, kami senang karena prediksi kami tepat,” kata Resta.

Kegemaran mereka pada pelajaran kimia tak lantas membuat mereka merasa mudah dalam mempelajari kimia, karena menurut mereka gabungan antara hitungan dan hafalan yang banyak merupakan kesulitan tersendiri. “Dalam pelajaran kimia memerlukan ketelitian dan harus hafal unsur periodik, namun kesulitan tersebut kami nikmati saja dan sambil jalan sekarang sudah hafal sebagian besar meskipun belum semua,” ungkap Husna sambil tertawa.

Mengenai pelajaran kimia yang dianggap sebagian siswa adalah pelajaran yang sulit dan menakutkan, mereka berbagi pengalaman agar mencoba mengenal pelajaran tersebut dengan memperbanyak membaca dan latihan soal. “Melawan kemalasan dan sebisa mungkin suka terhadap semua mata pelajaran merupakan kunci utama karena selain mata pelajaran tersebut diujikan, kita harus berpikir mengenai jangka panjang agar tidak menyesal di kemudian hari karena belajar merupakan salah satu bekal untuk masa depan,” kata mereka saling melengkapi.

Prestasi ini tentunya adalah kebanggaan bagi Program Boarding School dan RMBI khususnya dan MAN 1 Surakarta umumnya, karena sekolah kita yang notabene sekolah pinggiran mampu mencetak prestasi yang luar biasa dengan meraih juara Olympiade Kimia tingkat Jateng-DIY dua kali berturut-turut. Semoga prestasi ini dapat memacu adik-adik kelas Program Boarding School dan RMBI lainnya.

About Pak RM

Guru sejarah dan Antropologi di MAN 1 Surakarta. Blogger di kompasiana dan berikhtiar untuk memajukan pendidikan Indonesia

Posted on Agustus 21, 2010, in Info Terbaru Boarding. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: