SISWA BOARDING JAWARA LOMBA MENULIS ESSAI FLP-MENPORA 2009

Masih ingat  Muhammad Iqbal Mustofa ? Ya, dia adalah siswa Program Boarding School MAN 1 Surakarta yang pernah meraih juara I lomba karya tulis dalam rangka Hari Anak Nasional  Kota Surakarta 2008. Nah, ternyata kegemaran Iqbal dalam merangkai kata-kata ini, membawa hasil yang  LUAR BIASA. Terbukti dia meraih juara I Lomba menulis Esai Kepemimpinan Pemuda yang diadakan atas kerjasama Forum Lingkar Pena (FLP) dan Kementerian Pemuda dan Olah Raga 31 Mei 2009 dengan judul essainya ”  Dicari !!! Pemimpin Muda yang Lahir dari Rahim Budaya Baca di tengah Peradaban Digital”. (untuk hasil lengkap silahkan klik forumlingkarpena.multiply.com). Dewan juri yang terdiri dari M. Irfan Hidayatullah (Ketum FLP, Dosen Sastra Unpad), Ahmadun Y. Herfanda (Penyair, Redaktur Harian Republika), Maman S. Mahayana (Kritikus Sastra, Dosen FIB UI), akhirnya menetapkan Iqbal sebagai juara I untuk kategori A (Pelajar). Adapun penilaian meliputi Kesesuaian naskah dengan tema, Orisinalitas ide, Teknik penyajian tulisan, Bahasa Indonesia yang baik dan ejaan, Hikmah yang ada dalam tulisan.

Sosok Iqbal memang sudah tidak asing dengan dunia tulis menulis namun mulai digeluti setelah masuk ke Boarding School. Menurut Iqbal,  Kebiasaan menulis yang menghantarkan dia meraih berbagai lomba menulis bukan karena ikut pelatihan/workshop cara menulis, namun dia terinspirasi saat membaca riwayat hidup para penulis buku atau cerpen. Dari situlah muncul keyakinan bahwa diapun juga bisa seperti mereka. Memang di darahnya mengalir darah seniman dari Eyangnya yang seorang Dalang, namun untuk urusan tulis menulis memang dia otodidak. Menurut Iqbal yang lahir di Sukoharjo 10 Desember 1990 ini, dari kegemarannya menulis sudah menghasilkan trophy atau juara antara lain :

1. Juara Harapan I Lomba Menulis Essay yang diadakan Departemen Pertanian tahun 2008 dengan judul Relevankah Paradigma Agrobisnis di Tanah Indonesia ?”

2. Juara I Lomba menulis Essay Hari Anak Nasional kota Surakarta tahun 2008

3. Juara II Lomba Menulis Puisi Tingkat Kabupaten Sragen tahun 2008 dengan judul “Nama

4. Juara II Menulis Cerpen tingkat Karesidenan Surakarta tahun 2009 dengan judul ” Suara Akhir gendhing dan Gamelan Malam“.

Bahkan yang paling akhir, cerpennya yang berjudul ” GURU ” dimuat di Harian SOLOPOS edisi 7 Juni 2009.

Semoga prestasi Iqbal bisa diikuti siswa Boarding School yang lain karena pasti mereka juga memiliki potensi yang mungkin lebih besar dari Iqbal, jadi tinggal di asah dan dikembangkan saja. Semoga Boarding School semakin sukses.

About Pak RM

Guru sejarah dan Antropologi di MAN 1 Surakarta. Blogger di kompasiana dan berikhtiar untuk memajukan pendidikan Indonesia

Posted on Juni 1, 2009, in Info Terbaru Boarding. Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. wow… prestasi yg gemilang..!!

    itu bisa dijadiin motivasi nih buat aku, biar bisa jd penulis yg handal…

  2. wow, hebat bgt kak… bisa jadi cnth yg baeg nieh… btw kirimin dong file esay yg kakak tulis ttg hari anak nasional itu loh!!! biar aku bisa belajar dari situ… boleh ya kak?? kalo boleh kirimin aja ke email aku. ini alamatnya: lee_dya93@yahoo.com

  3. uppppssss……… cuma mo bilank makasih ya kak……..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: