SISWA BOARDING SCHOOL DITERIMA PMDK UNS 2009

Kabar gembira sekaligus membahagiakan dresize-of-img_0674atang dari Program Boarding School MAN 1 Surakarta. Pada tahun ajaran 2008/2009 ini, salah satu siswa angkatan pertama BOARDING SCHOOL berhasil diterima menjadi mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) melalui jalur Penelusuran Minat Dan Kemampuan ( PMDK) 2009 atas nama ARBI NUR ZAMAN siswa kelas XII IPA 1 dengan program pilihan Fakultas Pertanian jurusan Peternakan.

Hal ini sungguh sangat membahagiakan sekaligus kejutan karena dari 8 ( delapan) siswa MAN 1 surakarta yang mengajukan PMDK hanya  satu yang diterima apalagi berasal dari Program Boarding School yang memang dipersiapkan untuk bisa menembus perguruan tinggi melalui jalur PMDK ataupun SNMPTN.

Keberhasilan ini tentunya tidak bisa lepas dari kerja keras semua pihak, baik siswa yang bersangkutan maupun pihak-pihak yang sejak awal telah merancang untuk keberhasilan ini, seperti guru pengajar kelas XII IPA 1, Pengelola  Program Boarding School  ( kalau boleh disebutkan disini, Drs.H. Ahmad Wardimin), Koordinator Pendaftaran PMDK/SNMPTN Rusdi Mustapa, S.Pd, yang selama ini memberikan masukan dan arahan bagi siswa-siswa MAN 1 Surakarta yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi.

Menurut Bapak Rusdi, sebenarnya keberhasilan Arbi Nur Zaman ini  sudah diramalkan sejak awal dia mendaftar PMDK UNS, karena dari nilai yang dia miliki memang pantas untuk masuk PMDK UNS selain itu yang paling penting adalah strategi pemilihan jurusan. Banyak siswa yang mengajukan PMDK cenderung memilih jurusan yang tingkat persaingannya sangat ketat ( kategori TINGGI dan SANGAT TINGGI), padahal PMDK diikuti semua siswa dari seluruh Indonesia. sehingga strategi memilih jurusan yang tidak terlalu ketat ( kategori RENDAH, walaupun maksudnya bukan rendah jurusannya Lho), adalah langkah yang sangat bijak. Arbi Nur Zaman ternyata mengikuti langkah-langkah tadi, ambil jurusan Peternakan yang notabene jurusan kategori RENDAH, yang artinya tingkat persaingannya relatih mudah. Hal-hal seperti inilah, menurut Bapak Rusdi, harus diperhatikan oleh siswa-siswa yang ingin mendaftar PMDK terutama calon kelas XII. Keberhasilan ini berarti juga membuka jalan bagi siswa-siswa MAN 1 Surakarta yang lain untuk menembus kursi UNS melalui jalur PMDK. Semoga prestasi ini mampu diikuti oleh siswa MAN 1 Surakarta yang lain.

About Pak RM

Guru sejarah dan Antropologi di MAN 1 Surakarta. Blogger di kompasiana dan berikhtiar untuk memajukan pendidikan Indonesia

Posted on Maret 1, 2009, in Info Terbaru Boarding. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: