Profil Boarding School

SELAYANG PANDANG KELAS UNGGULAN  BOARDING SCHOOL MAN 1 SURAKARTA

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

JATI DIRI

Prof. Noeng Muhadjir (Pakar Kebijakan Pendidikan dan dosen Pasca Sarjana UIN Jogja) pernah berujar, madrasah aliyah baru akan dianggap (betul-betul) setara dengan SMA jika alumninya berhasil lolos seleksi di Fakultas Kedokteran PTN ternama. Meski diakui keberhasilan akademik peserta didik tidak secara an sich oleh karena dimana dia sekolah. Tetapi jika ada yang menembus level kedokteran semacam itu, patut diduga adanya aura (chemistry) akademik di madrasah yang mengarah ke level itu.

Program Boarding School adalah jawaban atas kegelisahan masyarakat akan rendahnya daya saing lulusan madrasah aliyah dalam perebutan kursi di PTN umum ternama baik melalui jalur beasiswa maupun jalur tes. Program ini menekankan pendalaman materi-materi dasar keilmuan (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, bahasa Inggris dan Komputer), yang dalam prosesnya dipersiapkan khusus untuk menjuarai even-even olimpiade. Ruh keagamaan tetap dipertahankan dalam amaliah-amaliah dan sunnah asrama. Keseimbangan dalam kompetensi keagamaan dan keilmuan menjadi dasar pemikiran (paradigma) program ini, sehingga ke depannya peserta didik diharapkan memiliki kapabilitas yang memadai dalam menafsirkan ayat-ayat kauniyah bersinergi dengan wahyu-wahyu illahiah. Sehingga siap berperan sebagai intelektual muslim dalam kancah dakwah melalui penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

Kelas Unggulan Boarding School berdiri atas dasar Surat Keputusan Direktur Jendral Kelembagaan Agama Islam No : DJ.II/561.B/2005. Program ini diharapkan untuk menyiapkan peserta didik yang berakhlakul kharimah, Khusu’ dalam beribadah  dan mempunyai bidang keahlian Sains, Bahasa Inggris dan ICT, sehingga mampu mengembangkan dirinya sebagai Ulama dan Intektual Muslim yang menguasai bidang Sains, Bahasa Inggris dan ICT. Serta Peserta Didik diharapkan harus melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Negeri terkemuka seperti UNS, UNNES, UNDIP, UGM, UNY, UIN , UNSUD,IPB,ITS,ITB,UI,dan UNBRAW.

            Peserta didik wajib tinggal di Asrama selama masa Pendidikan, Sehingga budaya akademik everytime pada peserta didik dapat dikuasai secara total  baik di Madrasah maupun di Asrama.

 DESAIN KURIKULUM.

Kelas Unggulan Boarding School Kurikulumnya didesain dengan 70% ilmu umum dengan penguatan MIPA ( Sains), Bahasa Inggris dan ICT, sedang untuk 30% adalah ilmu agama. Adapun Proses Pembelajaran dilakukan dengan 5 tahap, yaitu:

1.  Pembelajaran Pagi ( jam 07.00 – 13.30 ).

Proses pembelajaran berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) dengan perangkat yang disusun berdasarkan Standard Isi dan Standard Kompetensi Lulusan dengan memberi penguat Bahasa Inggris dan MIPA.

2.  Pembelajaran Tutorial Sore. ( Jam 14.15 – 16.15 )

Untuk kelas X di desain dengan materi penguat dasar yaitu Matematika, Bahasa Inggris dan ICT/TIK. Sedangkan untuk kelas XI dan Kelas XII diberikan penguatan materi MIPA, materi Ujian Nasional , materi SNMPTN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri . Untuk Kelas X dan XI Pembelajaran Bahasa Inggris bekerja sama dengan Lembaga Pendidikan Bahasa Inggris IEC Surakarta dan Kelas XII materi SNMPTN bekerja sama dengan Lembaga Bimbingan Belajar Primagama Surakarta.

 3.  Pembelajaran Agama di Asrama.

Malam (Jam 18.00 – 18.45) dan Pagi ( 05.00 – 05.30)

Pembelajaran Agama ini dilakukan oleh  pembina-pembina asrama secara terjadwal dengan materi : Muhadhoroh, Tahfidz, Tasji’, Fathul Qorib, Wawasan Keislaman, Grammer, Conversation,Tahsin.

4.  Pendampingan Belajar Malam ( Jam 20.00 – 21.15 ).

Kegiatan ini dalam rangka untuk mengefektifkan siswa dalam belajar malam di asrama, khususnya mata pelajaran yang diujikan secara Nasional, maka ada pendampingan belajar malam baik secara privat atau kelompok, bekerja sama dengan Lembaga Bimbingan Belajar.

5.  Pendampingan Pemilihan Jurusan di PTN.

Untuk siswa  Kelas XII akan mendapatkan pendampingan informasi pengambilan jurusan yang akurat dan pendampingan pendaftaran SNMPTN pada Perguruan Tinggi Negeri terkemuka.Untuk SNMPTN Jalur Undangan disertai pengolahan analisa nilai rapor dan analisa pemilihan jurusan masuk PTN favorit.

EKSTRA KURIKULER.

1. Jurnalistik

2. Tilawatil Qur’an

3. Futsal

4. Bulutangkis

5.  English Club

6. Hadrah

KEGIATAN  PENUNJANG AKADEMIK.

1. Kunjungan Studi ke UGM,ITS.IPB.UNAIR, UNPAD,ITB

2. Native Speaker

3. Praktikum MIPA di UNS

4. Talkshow Orientasi masuk PTN

5. Gebyar Seni dan Ilmiah

6. Pembinaan mengikuti Olimpiade Sains

7. Kunjungan Ke Dunia Industri dan Tempat-tempat Sejarah.

8. Outbond Muhadhoroh.

9. Pengabdian Masyarakat ( BBM )

 TENAGA PENGAJAR.

Untuk pembelajaran pagi diampu oleh guru-guru yang sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing dan rata-rata berpendidikan Sarjana ( S.1). Sedangan guru yang berpendidikan S.2 berjumlah 17 orang yang terdiri dari 4 orang dari MIPA, 6 orang dari kelompok Agama, 6 orang kelompok bahasa dan 2 orang dari kelompok IPS.

 FASILITAS

1. Ruang Kelas dan Asrama yang cukup nyaman.

2. Perpustakaan Umum

3. Laboratorimum Fisika, Kimia, Biologi.

4. Pelayanan Konsultasi Jurusan masuk PTN favorit.

 KOMPETENSI LULUSAN.

Kelas Unggulan Boarding School setiap tahun selalu mengantarkan peserta didik lulus 100% dengan Nilai rata rata UN yang memuaskan. Alumni siswa Boarding School MAN 1 Surakarta tahun 2012 dapat di terima di berbagai PTN favorit, misalnya: UGM,IPB.UNIBRAW,STTN,UNPAD,UNS,UNSUD, UNDIP,UNNES,UIN, UNY.

 KUOTA KELAS BOARDING SCHOOL.

1. Putri 2 kelas  @ 24 siswa

2. Putra 1 kelas @ 24 siswa

  1. kunjungi blog saya di taufik79.wordpress.com ya

  2. eemb,,, may i question???
    i will continou my study @ man 1 boarding school,,,
    what should i do?? if i will register to there???
    tq,,, :-)

  3. ikrima khudzaifah hilda knfa

    assalamualaikum maaf sebelumnya saya mau tanya saya pindahan dari ponpes gontor saya setra dgn kelas 2 apakah saya bisa masuk dikelas 2 sekarang ato kalo gak dikelas 2 tahun ajaran baru besok??? mhon jawabanya nya penting…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.344 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: